Senin, 30 November 2015

Instalasi Traffic Jaringan

1. software yang digunakan untuk melakukan monitoring server adalah IpHost Network Monitor

IPHost Network Monitor adalah sebuah aplikasi Windows membantu dan mudah digunakan yang membantu pengguna menangani jaringan dan monitoring server. Fakta bahwa program ini memonitor server penting dan aplikasi membuatnya cocok untuk bisnis, tidak peduli apakah mereka kecil, menengah, maupun besar. Selain pemantauan, utilitas ini dapat mengatur pemulihan otomatis. Fitur lain yang berguna yang disediakan oleh aplikasi ini adalah peringatan disesuaikan, yang memberikan pemberitahuan cepat ketika kinerja dan ketersediaan masalah yang terdeteksi. Anda dapat menerima pemberitahuan melalui e-mail, SMS, atau dalam bentuk pesan pop-up, selain itu, Anda dapat mengkonfigurasi program untuk mengirim pesan ke instant messenger Anda, memutar suara, atau menjalankan aplikasi.

2. Berikut Langkah-Langkah dalam menginstall Aplikasi IpHost Network Monitor :

1. sebelum menginstall pastikan kita sudah memiliki software Iphost network monitor, download
terlebih dahulu jika belum memilikinya , bisa download di 
http://www.softpedia.com/get/Network-Tools/Network-Monitoring/IPHost-Network-Monitor-Free.shtml

2. setelah selesai mendownload , klik program iphostmonitorfree.exe, seperti gambar dibawah ini :
3. klik next , yang akan menunjukkan license agreement klik yes untuk melanjutkan ketahap berikutnya :

4. Klik Finish , selamat software Iphost telah berhasil terinstall dikomputer kita :



Monitoring Traffic Jaringan 

gambar diatas adalah hasil grafik dari traffic volume yang digunakan pada tanggal 26 november 2015 jam 13:02:07 sampai dengan jam 16:07. Berdasarkan gambar diatas, sempat terjadi down pada jam 13:41:00, untuk penggunaan pada base period max nya adalah 343 MB dengan up time sebesar 99,4 % dan down time sebesar 0.6 %.


Report Ping

Gambar Diatas merupakan hasil dari grafik monitoring PING dengan ip 127.0.0.1 dengan min 1 msec dan max nya 16 msec, untuk up time 100% . dengan tingkat down 0%.

Hasil Report


Perbandingan dengan Iphost dengan Total Network Monitor


IPHost Network Monitor

memiliki fitur yang lengkap dari beberapa segi monitoring, tetapi lebih menekankan pada pemberitahuan/peringatan adanya gangguan lebih cepat sehingga lebih cepat bagi user/administrator mendapat informasi dan segera mengatasi gangguan tersebut. Dalam pengaplikasiannya untuk mendapatkan hasil yang baik mungkin IPHost Network Monitor dapat dikombinasikan dengan Microsoft Network Monitor yang unggul dalam analisa lalu lintas jaringan.



Total Network Monitor

Total Network Monitor memiliki beberapa fitur yang serupa dengan IPHost Network Monitor , namun dalam fitur-fiturnya Total Network Monitoring masih kalah lebih baik dari IPHost Network Monitor. Misalnya saja pada saat pengiriman pemberitahuan gangguan yang terjadi pada jaringan, proses pemberitahuan akan lebih baik saat kita menggunakan IPHost Network Monitor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar